Efek

Selasa, 27 Oktober 2015

SUKSES BERKARIR DENGAN PRODI KOMUNIKASI




Prodi Ilmu Komunikasi, pasti bertanya-tanya apa sih prodi ilmu komunikasi itu??
Nah untuk postingan kali ini aku akan share tentang prodi ilmu komunikasi ini ya karena aku juga masuk dan berkecimpung didalam diprodi ini. Ok jadi prodi ilmu komunikasi atau juga bisa disebut program studi ilmu komunikasi yang termasuk di dalam fakultas FISIP UMM. Prodi komunikasi ini kita sebut seperti itu aja agar lebh enak ya.. hehehe.. jadi prodi komunikasi ini prodi yang akreditasinya A dari tahun 2013 dan bisa bertahan hingga sampai saat ini, dan bisa dibilang prodi komunkasi ini berprestasi paling terbaik tingakt universitas.


Prodi Komunikasi ini menjadi salah satu prodi andalan yang ada di umm loh, karena setiap tahunnya mahasiswa baru prodi ini selalu meningkat dari tahun ke tahun. Eh tapi tidak hanya itu materi kurikulum yang disampaikan juga terus mengikuti perkembangan zaman. Prodi komunikasi ini juga mempunyai ciri khas tersendiri yang mana prodi ini mengusung gerakan literasi media atau media literacy.



Apa lagi itu literasi media? jadi literasi media adalah kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mendekonstruksi pencitraan media. Kemampuan untuk melakukan hal ini ditujukan agar pemirsa sebagai konsumen media (termasuk anak-anak) menjadi sadar (melek) tentang cara media dikonstruksi (dibuat) dan diakses. Yang mana setiap proses belajar mengajar dan kegiatan akademis berada dalam payung Literasi Media itu. 

Prodi Komunikasi ini memiliki 3 peminatan, yaitu 
  1. Public Relation
    Peminatan di bidang ini yang mana tujuan secara umumnya memiliki pengetahuan dan kemampuan sebagai komunikator/fasilitator/mediator, serta inovator/kreator di bidang komunikasi dengan memanfaatkan teknologi informasi, serta memiliki   pengetahuan,   kemampuan   serta   sikap   kerja  yang   gigih (tidak  mudah menyerah), tuntas, membangun kerjasama tim, juga tak kalah pentingnya memiliki jiwa entrepreneurship, sifat terbuka, kreatif dan inovatif.
  2. Jurnalistik
    Peminatan di bidang jurnalistik ini bertujuan secara umumnya agar memiliki pengetahuan dan kemampuan menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas, yang sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik, memahami akan fungsi dan hakekat hukum yang mengatur komunikasi massa, serta kemampuan mengelola dan mengembangkan usaha penerbitan media cetak atau elektronik.
  3. Audio Visual
    Peminatan di bidang audio visual ini secara umumnya agar memiliki kemampuan atau pengetahuan tentang mengolah pesan atau bisa disebut menyampaikan pesan dengan melalui media bisa berupa film dokumenter, film pendek dan sebagainya. 
Prodi komunikasi di UMM ini juga menyediakan wadah untuk mengekspresikan 3 peminatan ini dalam LSO dalam prodi komunikasi itu sendiri, ada bermacam-macam seperti misalnya PR Club dan Eskalator (peminat kajian Public Relations), Journalistic Club (peminat kajian jurnalistik), AV Club (peminat kajian Audio Visual), Kociris (peminat kajian Riset Komunikasi), disamping ada LSO juga ada Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) dan Jurnalistik Fotografi Club (Jufoc). 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar